Laman

DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA

BAB I

PENDAHULUAN 

 

            Sejak berakhirnya perang dingin, dunia telah di tanda oleh suatu arus perubahan yang bersifat global perubahan demi perubahan akan terus berlanjut pada abad ke-21 pada mulanya wujud perubahan tersebut sangat tampak dalam perkembangan system informasi dan transfortasi dengan fenomena dapat mempersingkat jarak dalam melakukan hubungan antara wilayah atau antara Negara baik dalam arti ruang maupun waktu .

            Globalisasi merupakan suatu proses yang tak bias dihindari dan dicegah kemajuan-kemajuan du bidang teknologi komunikasi menghanguskan media yang canggih sehingga mempermudah terjadinya globalisasi. Teknologi informasi dan komunikasi telah menghubungkan manusia seluruh dunia menjadi satu system komunikasi.

 

A.    Latar Belakang
      Globalisai membawa dampak positif dan negatif telah menebus kesegala penjuru dunia. Dampak-dampak itu meliputi segala macam aspek kehidupan yaitu. Aspek yaitu aspek politik ekonomi, sosial, serta patahanan keamanan oleh karena itu tindakan prekentik yang kita lakukan terhadap aius globalisasi yaitu sikap waspada dan selektif terhadap segala macam arus globalisasi tersebut, untuk itu kita harus memiliki ketahanan nasional yang kuat.

A.    Pengertian  globalisasi
      Kata globalisasi yang berasal dari kata “ global” dalam kamus bahasa  umum bahasa indonesia. Berarti secara keseluruhan globalisasi berarti suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam  berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tanpak lagi adanya batas –batas  yang meningkat secara nyata. Dalam keadaan global  apa saja dapat masuk sehingga sulit untuk disaring atu dikontrol.terkait dengan kehidupan berbangsa  dan bernegara ,makana globalisasi berdimensi luas dan kompleks , yaitu bagaimana suatu  negara yang memiliki batas-batas teritorial dan kedaulatan  tidak berdaya untuk menepis  masuknya informasi ,komunikasi, dan transportasi yang dilakukan oleh masyarakat di liuar perbatasaan.
  
BAB III

PENGARUH GLOBALISASI
TERHADAP BANGSA INDONESIA


                Bangsa indonesia seperti halnya bansa-bangsa lain dalam era globalisasi ini tidak dapat menghindari dari arus  derasnya komplek sifat perubahan ( inovasi ) sebagai  akibat  canggihnya  teknologi  informasi . telekomunikasi  dan transportasi  perubahan akibat globalisasi  itu terasa dalam berbagai  aspek  yaitu: ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

A.    Dampak positif  peleksosbudhankam
a.       Kemajuan teknologi komunikasi  dan informasi mempermudah  manusia  dalam  berinteraksi.
b.      Kemajuan  teknologi komunikasi dan informasi mempercepat  manusia  untuk  berhubungan  dengan manusia lain.
c.       Kemajuan teknologi  komunikasi ,informasi, dan transportasi meningkatkan efesien.
d.       Mendukung nasionalisme  dalam menggagalkan integrasi  antara lain  dengan mendobrak etnosentrik.
e.       Peningkatan mobilitas sosial dan pengukukuhan  kelas menengah.
f.        Komunikasi  yang lebih mudah dan juga murah
g.      Peluang yang lebih luas  bagi manusia berbagai etnik, bangsa, budaya, dan agama untuk berinteraksi.

B.     Dampak Negatif (Peleksosbudhasikan)
a.       Masuknya nilai budaya luar akan menghilangkan nila-nilai tradisi suatu bangsa dan identitas suatu bangsa.
b.      Ekspolitasi  alam dan  sumber daya lain akan memuncak  karena kebutuhan yang makin besar.
c.       Dalam bidng ekonomi berkembang nilai-nilai   konsumerisme dan individual yang menggeser nilai-nilai  sosial masyarakat.
d.      Terjadi dihumanisme,yaitu derajat manusia nantinya tidak dihargai karena  lebih banyak  mengguhakan mesin-mesin berteknologi tinggi.
e.        Timbulnya dominasi Negara –nagara maju yang  mempunyai kekuataan yang  lebih kuat.
f.        Mengakibatkan erosi terhadap nilai-nilai teradisi.
g.      Timbul gejala-gejala seperti konsumerisme,materalisme,kendornya moralitas,dsb.
h.      Pembangunan yang tidak seimbang dan jarang perbedaan  ekonomi yang semakin melebar  antara kawasan-kawasan di sebuah Negara dan antarsektor-sektor ekonomi.
i.        Masyarakat yang berbentuk lebih tidak kreatif kurang bersemanagat dan berwatak hedonistic.
j.        Merebaknya kebiasaan meniru hasil-hasil  iptek dari Negara lain.                 


BAB IV 
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
1.      Globalisasi berarti suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang  kehidupan  sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yg mengikat secara  nyata .dalam keadaan global ,tentui apa saja  dapat masuk sehingga sulit untuk disering  atau dikontrol. Tentang globalisasi banyak pakar yang telah memberikan definisi,seperti Malcolm waters,Emmanuel ritcher,Thomas L. friedman, dsb.
2.       Era globalisasi memberikan  kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat  Era globalisasi memberikan  kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat  untuk lebih berperan  lebih besar pada  prakrasa dan kreativitas melalui berbagai infrastreuktur ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi, sosial-budaya, dan politik.
3.      Dalam proses globalisasi,perkembangan yang paling menonjol anatara lain bidang permasing seperti berita, televise,dan bahan siaran.
4.      Tren globalisasi pada abad 21 mempunyai karakteristik,anatara lain perubahan yang akselaratif, aliran modal tanpa batas,hiperkompetisi,ekonomi pengetahuan,bersifat global,dan konpleks.
5.      Dampak globalisasi yang dirasakan oleh masyaratakt internasional dapat di identifikasikan anatara lain mencakup bvidang ekonomi,ideology, politik,hankam,dan sosial.
6.      Bebagai tanatangan mendasar yang dihadapi dalam era globalisasi ,antara lain sikap individualisme,apreasiasi generasi muda,pandangan keritis terhadap idelogi Negaranya,dipersipikan masyarakat,dan keterbukaan yang lebih tinggi.
7.      Pengaruh globalisasi dapat menimbulkan aspek positif dan aspek negative. Aspek positif antara lain  mencakup globalisasi teknologi,perdagangan,industry dan jasa. sedangkan aspek negative antara lain mencakup hedonism, materialism, dan individualisme.


No comments:

Post a Comment